Beranda POJOK Catatan Atok: Adu Janji di Pilkada

Catatan Atok: Adu Janji di Pilkada

65
Print Friendly, PDF & Email

POJOK (Infosiak.com) – Dalam beberapa bulan ke depan, masyarakat (rakyat jelata, red) yang ada di pelosok kampung maupun di tengah perkotaan, akan kembali dihibur oleh para elite politik dengan berbagai nganyian yang berisikan janji-janji manis plus iming-iming. Panggung hiburan yang akan diisi/diramaikan oleh para tokoh dan politisi itu merupakan pesta Lima tahunan yang lebih dikenal dengan istilah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2024 ini pesta Lima tahunan itu juga akan kembali digelar di kampung tempat tinggal Wak Sangkot, yakni di sebuah perkampungan kecil yang jaraknya tidak jauh dari perkampungan besar.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Wak Sangkot kepada rekan-rekan setongkrongannya di Kedai Kopi, pada perhelatan pesta Lima tahunan 2024 ini akan ada Tiga kontestan (pasangan calon, red) yang bakal bertarung memperebutkan kursi kepala daerah. Namun demikian, Wak Sangkot belum tau persis siapa-siapa saja calon yang akan bertarung di kampungnya itu.

“Sayo belum berani nak becakap tentang namo-namo calon yang akan maju di pesta Limo tahunan 2024 ini. Sebab sayo pun belum dapat info pastinyo, tapi menurut dukun yang kemarin sempat sayo temui di ruang prakteknyo, kato dukun tu akan ado Tigo pasang calon, termasuk calon petahana yang saat ini menjabat sebagai kepala daerah,” sebut Wak Sangkot, sembari menyuguhkan pisang rebus kepada Wak Lebam.

Baca Juga:  Catatan Atok: Mahalnya Harga Kursi DPRD

Wak Sangkot yang dikenal sebagai salah satu tokoh tua karismatik di kampungnya itu, mengaku memiliki sanak kerabat (keluarga dekat, red) lebih dari 100 kepala keluarga. Dengan demikian, pada setiap tibanya perhelatan pesta Lima tahunan, banyak tamu-tamu yang berkunjung ke rumahnya, terutama tim sukses dari para calon.

“Dah tak heran, kalau dah dekat nak ado pesta Lima tahunan macam sekarang ni, bejibun tamu datang ke rumah, ado yang menawarkan sembako murah, BBM murah, gaji naik, bangun jalan, dan macam-macam. Tapi sayo dah tak percayo lagi dengan janji-janji macam tu,” sambung Wak Sangkot, dengan logat bahasa kampungnya.

Menurut Wak Sangkot, sejumlah bakal calon (Bacalon) yang sudah tebar pesona lewat baleho/spanduk di pinggir-pinggir jalan, semuanya menyuguhkan slogan yang sangat menarik untuk dilirik. Seperti ada Bacalon yang berslogan Kampung Hebat, Kampung Sejahtera, Kampung Maju, dan lain sebagainya.

Meski demikian, timpal Wak Sangkot, untuk bisa mewujudkan semua itu tidaklah semudah membalikkan telapak kaki. Ditambah lagi saat ini kondisi keuangan kampung/daerah tidak sebesar di era Presiden SBY lalu, sehingga untuk mewujudkan program-program yang dijanjikan, membutuhkan komitmen dan perjuangan yang sungguh-sungguh.

“Kalau soal menebar janji, kita semua bisa untuk berjanji, tapi untuk mewujudkannya tidak segampang yang dibayangkan, apalagi bagi calon-calon yang sama sekali belum pernah terjun ke ranah birokrasi dan belum tau kondisi keuangan kampung/daerah, tentulah apa yang mereka janjikan itu seolah hanya janji muluk semata,” lanjut Wak Sangkot, sembari memegang kening membayangkan janji-janji itu.

Bagi Wak Sangkot, dalam menentukan pilihan pada perhelatan pesta Lima tahunan 2024 ini, ia bersama segenap keluarganya sudah sepakat untuk tidak memilih calon-calon yang hanya mengumbar janji. Wak Sangkot berkomitmen akan memberikan hak pilihnya untuk calon yang selama ini sudah berbuat bagi kemajuan kampungnya.

Baca Juga:  Catatan Atok: Gara-gara Proposal

“Pesta Lima tahunan ini bukan ajang adu janji. Oleh sebab itu, saya bersama segenap sanak kerabat tidak akan memilih calon yang tukang obral janji, tapi kami akan memilih calon yang sudah teruji dan terbukti mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” tutup Wak Sangkot, sembari pamit masuk ke kamar mandi.

Sementara itu, Wak Lebam yang sudah lebih dari Dua jam mendengarkan celetuk Wak Sangkot terkait pesta Lima tahunan di kampungnya itu, sempat bergumam dalam hati bahwa semua yang dikatakan Wak Sangkot itu benar adanya.

Wak Lebam juga memprediksi pada pesta Lima tahunan 2024 ini pasangan petahana masih cukup kuat dan masih dicintai oleh masyarakat. Akankah Petahana kembali terpilih di Pilkada tahun ini???. Kita saksikan bersama di tanggal 27 November 2024 mendatang.

Penulis: Atok

loading...