Beranda Tualang Mahasiswa KKN UNRI Rangkul Warga Pinang Sebatang Timur Buat Bakso Ikan

Mahasiswa KKN UNRI Rangkul Warga Pinang Sebatang Timur Buat Bakso Ikan

108
BERBAGI
tour_de' tour_de'

PERAWANG (Infosiak.com) – Usaha kuliner saat ini terbilang cukup menjanjikan untuk dilakoni, terutama kuliner yang memang disukai masyarakat luas.

Salah satunya adalah bakso ikan, bakso ikan memang dikenal sebagai makanan yang memiliki cita rasa yang sangat enak dan lezat.

tour_de'

Melalui pelatihan wirausaha rumahan mahasiswa KKN Universitas Riau yang mengabdi di Kampung Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang Siak mencoba mewujudkan keinginan masyarakat setempat yang tertarik berwirausaha kuliner.

Program yang menyasar kaum emak-emak itu, bertujuan untuk membangun kemandirian ekonomi keluarga. Dalam pelatihan cooking class, emak-emak diajarkan cara mengolah penganan yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat keuangan atau sebagai usaha sampingan.

Narasumber segaligus pelatih membuat bakso dari bahan dasar ikan ini langsung oleh Dosen Universitas Riau Dra. Silvia Reni Yenti. M.si. pelatihan di laksanakan di Aula Kantor Pemerintahan Kampung Pinang Sebatang Timur, Senin (5/8/2019) pagi.

Ibu-ibu warga kampung terlihat bersemangat saat mengikuti praktek membuat bakso ikan dan saat memasaknya. Begitu juga ketika para ibu-ibu melakukan praktek penggilingan daging secara manual, mencampurnya dengan tepung serta cara membulatkannya sesuai dengan ukuran yang dikehendaki,” kata

tour_de'

Kemudian peserta pelatihan merebusnya ke dalam panci yang sudah disiapkan dengan air kuah bakso mendidih. Para ibu-ibu terlihat berebut ingin mencobanya.

Salah satu peserta, ibu Reni menyambut baik pelatihan wirausaha yang diberikan kepada warga.

“Alhamdulillah kita dapat ilmunya, yang tadinya nggak bisa bikin bakso, sekarang bisa tahu bikinnya,” katanya.

Ia bersama peserta lainnya berencana memanfaatkan ilmu yang diterima di pelatihan, untuk membuka usaha bakso skala rumahan.

“Insya Allah berguna lah ini ilmunya. Mungkin buat ibu-ibu yang lain juga bisa bermanfaat nanti siapa tahu mau buka usaha. Terimakasih untuk mahasiswa UNRI yang melaksanakan pengabdian di kampung kami, sudah mau mengadakan kegiatan ini,” tukasnya.

Baca Juga:  Tiap Semester, Mahasiswa Berprestasi Terima Bantuan Beasiswa CSR PT IKPP Perawang

Sementara itu, Ketua PKK Kampung Pinang Sebatang Timur Tengku Nurhayati mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya kader PKK yang ada di kampung.

“Beginilah kalau para ibu-ibu yang dilibatkan, pasti suasananya jadi ramai. Apalagi kalau ada prakteknya, pasti mereka ingin langsung mencobanya,” celetuk Ketua PKK Kampung Pinang Sebatang Timur Tengku Nurhayati di sela-sela kegiatan.

Ia berharap seluruh peserta pelatihan untuk memanfaatkan apa yang diperoleh dalam kegiatan ini. Dan dengan diadakannya pelatihan ini maka kedepannya dapat terus dikembangkan lagi bakat keahlian yang telah diberikan sesuai dengan kemampuan dan kreasi diri masing-masing.

Sumber : Rilis
Editor : Afrijon

Hari Jadi Siak...
BERBAGI