Beranda Tualang Dinilai Berhasil, Spanduk Kutukan di Bunut Bikin Warga Takut Buang Sampah Sembarangan

Dinilai Berhasil, Spanduk Kutukan di Bunut Bikin Warga Takut Buang Sampah Sembarangan

1926
BERBAGI
tour_de' tour_de'

PERAWANG (Infosiak.com) – Jangan buang sampah sembarangan, adalah slogan lama yang belum tentu kita laksanakan. Banyak orang apalagi di Perawang, jarang pernah membuang sampah pada tempatnya. Apalagi di jalanan, kebanyakan mereka mengganggap buang sampah sembarangan bakal ada petugas yang membersihkan sampah yang kita buang.

Hal itu bisa kita lihat dari beberapa titik tiap kampung dan kelurahan di Kecamatan Tualang. Sangat mudah ditemukan sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat.

Mungkin hal inilah yang membuat warga Kampung Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang, Siak geram dan memasang spanduk di areal biasanya terdapat tumpukan sampah. Tak sekadar melarang, spanduk ini bahkan memberikan “kutukan” kepada siapa pun yang tetap bandel membuang sampah sembarangan.

Spanduk kutukan dilarang buang sampah sembarangan warga Kampung Pinang Sebatang Timur.

Spanduk tersebut bertuliskan “Ya Tuhan…!!! KUTUK DAN MISKINKANLAH ORANG YANG MEMBUANG SAMPAH DISEPANJANG JALAN INI”.

tour_de'
loading...

Memang terlihat ekstrim, tapi warga setempat menilai spanduk tersebut terbilang berhasil memberikan kesadaran kepada masyarakat yang berpikiran sempit tentang kebersihan.

Ketua RT 04 RK 06 Dusun III Indah Desa Pinang Sebatang Timur Alim Mustafa mengatakan bahwa semenjak terpasangnya spanduk tersebut dan dibantu masyarakat untuk memantau pada malam hari, kini warga yang buang sampah sembarangan sudah jauh berkurang dan mulai sadar akan bahaya buang sampang sembarangan. Sekarang tempat tersebut sudah mulai bersih.

Alim Mustafa berharap kedepan masyarakat terus memantau lokasi tersebut. Agar warga tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu, Alim Mustafa yang juga tergabung di pengurus Karang Taruna Kampung Pinang Sebatang Timur berencana akan bekerja sama dengan pihak PT Indah Kiat Perawang. “Kami bersama pemerintah kampung akan bekerja sama dengan pihak PT IKPP Perawang untuk membuat taman dilokasi tersebut dan sepanjang pagar perusahaan dekat timbangan,” ungkap Alim kepada Infosiak.com, Rabu (16/10/2019).

Baca Juga:  Pelabuhan Pelindo Perawang Magnet Bagi Truk Besar, Jalan Desa Hancur

Ketua RT 04 Alim Mustafa juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan bersama agar kampung terlihat bersih, sehat dan indah. “Jagalah kebersihan karena kebersihan sebagian dari iman,” ujarnya.

Laporan : Jamilus
Editor : Afrijon

loading...
BERBAGI