Beranda Siak Tahun Depan, Dinas PU Siak Kembali Salurkan Rumah Layak Huni dan BSPS

Tahun Depan, Dinas PU Siak Kembali Salurkan Rumah Layak Huni dan BSPS

0
BERBAGI

SIAK (Infosiak.com) – Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang penyediaan perumahan. Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) akan kembali merealisasikan program penyaluran bantuan Rumah Layak Huni (RLH) dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk masyarakat di tahun 2019 mendatang.

Sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Dinas PU Tarukim Siak H Irving Kahar Arifin, melalui Kepala Bidang Perumahan dan Pemukiman (Perkim) H Khaidir Fitri, Kamis (06/12/2018) pagi, saat dikonfirmasi Infosiak.com.

“Untuk di tahun 2019 mendatang, kita sudah mengusulkan sebanyak 167 unit rumah layak huni untuk masyarakat miskin yang ada di sejumlah kecamatan. Termasuk bantuan BSPS untuk masyarakat dengan kategori berpenghasilan rendah,” tutur Khaidir Fitri.

Adapun program penyediaan rumah layak huni yang akan disalurkan pada tahun 2019 tersebut anggarannya bersumber dari dana provinsi. Sedangkan untuk BSPS bersumber dari dana pemerintah pusat (APBN).

Menyinggung soal besaran nilai uang untuk masing-masing masyarakat (penerima, red) bantuan program BSPS, Khaidir Fitri dengan tegas mengatakan, pada tahun 2019 mendatang nilainya sedikit lebih besar ketimbang yang diberikan pada tahun 2018 ini.

memuat...

“Program BSPS itu sifatnya bantuan rehabilitasi (perbaikan, red) rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Adapun bagian yang akan diperbaiki itu adalah pada atap lantai dan dinding (Aladin), yang realisasinya tidak melalui proses lelang, melainkan dengan sistem pemberdayaan berbasis masyarakat. Jika tidak ada perubahan di Kementerian, insya allah untuk tahun 2019 mendatang masing-masing penerima BSPS akan mendapatkan bantuan sebesar Rp17,5 juta,” lanjut Khaidir Fitri

Selain menyalurkan program bantuan rumah layak huni dan BSPS, Dinas PU Tarukim Siak juga akan merealisasikan program pembangunan sanitasi (tanki septick, red) untuk Empat kecamatan.

Baca Juga:  Ulang Tahun ke-73, Ini Kado dari Dinas PU Tarukim Siak untuk Masyarakat

“Insya allah pada tahun 2019 mendatang itu kita juga akan menyalurkan bantuan pembangunan sanitasi berupa pembuatan tanki septick untuk di 4 kecamatan, yakni di Kecamatan Siak, Dayun, Kerinci Kanan dan Tualang, yang anggarannya kita alokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK),” imbuhnya lagi.

Dijelaskannya juga, adapun program kegiatan yang sudah disusun dan direncanakan oleh Bidang Perkim Dinas PU Tarukim Siak untuk tahun 2019 mendatang diantaranya adalah:
– Penyaluran/pembangunan rumah layak huni.
– Penyaluran program BSPS.
– Pembangunan agropolitan dan
– Pembuatan sanitasi (tanki septick limbah).

Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Afrijon

Sukai Fan Page Facebook - Infosiak.com  | Subscribe Channel YoutubeInfosiak | Follow InstagramInfo_Siak | Follow Twitter - Info_Siak
memuat...
waterpark_siak'
BERBAGI

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.