Beranda Pendidikan Sering Kelelahan, Ini Dia 5 Tips Jitu Membagi Waktu Saat Full Day...

Sering Kelelahan, Ini Dia 5 Tips Jitu Membagi Waktu Saat Full Day School

30
0
BERBAGI

JAKARTA (Infosiak.com) – Dengan diterapkannya sistem Full Day School di berbagai sekolah di Indonesia pada tahun lalu, banyak siswa yang mengeluh dengan adanya perubahan tatanan tersebut. Full Day School sendiri dianggap memberatkan para siswa dan guru karena harus berada di sekolah dari pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 16.00 sore.

Sembilan jam berada di sekolah sendiri memberikan kejenuhan pada siswa maupun guru karena terlalu lama berada di kawasan tersebut. Otak manusia sendiri juga akan mengalami kelelahan jika terlalu lama dipaksa untuk berpikir. Apalagi dengan adanya tugas rumah yg dibebankan pada siswa.

Jika sekolahmu sudah melaksanakan Full Day School dan kamu kesulitan untuk membagi waktumu untuk belajar, bermain dan kegiatan lainnya. Kamu bisa menerapkan tips-tips bermanfaat sebagai berikut.

1. Gunakanlah waktu luangmu di sekolah untuk tidur siang

Berada di sekolah sampai sore pasti membuatmu kehilangan waktu untuk tidur siang, padahal tidur siang sendiri berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan mengurangi rasa lelah pada anak. Jadi sebaiknya jika sedang jam istirahat atau jamkos, gunakanlah waktu tersebut untuk tidur. 15-20 menit saja sudah bisa membuat otakmu kembali segar.

2. Sebisa mungkin kerjakan tugas di sekolah

Tugas sekolah memang tidak ada habisnya. Karena hampir setiap hari siswa mendapatkan pekerjaan rumah yang banyak, ada kalanya kamu jangan pernah menumpuk tugas yang ada. Sebaiknya kerjakan secepat mungkin tugas tersebut. Jika kamu sering menunda-nunda tugas yang ada, jelas waktumu di rumah akan berkurang untuk mengerjakan tugas rumah yang kamu tunda.

3. Jangan menerapkan sistem kebut semalam

pahlawan'

Jika kamu memforsir otakmu untuk menghafal seluruh materi yang sangat banyak saat akan menjalani Ulangan Harian atau ujian, hasil dari belajarmu ini tidak akan maksimal. Karena selain otakmu akan merasa lelah, belajar dengan sistem ini juga kurang efektif. Lebih baik mempelajari materi tersebut sedikit demi sedikit tapi rutin, dengan ini waktumu untuk bermain dirumah tidak akan berkurang.

4. Hindari mengikuti kegiatan yang tidak bermanfaat

Pasti ada dari kamu yang gemar pergi ke mall, nongkrong di cafe ataupun nonton film bioskop. Hal tersebut memang wajar, tapi jika kamu melakukan kegiatan tersebut terlalu sering pasti akan memberikan dampak negatif terhadapmu. Selain membuat dompetmu makin menipis, kamu juga akan merasa kelelahan dengan aktifitas itu. Ada kalanya kamu menghabiskan weekend dengan bersantai di rumah dan melakukan kegiatan positif lainnya seperti membaca ataupun menulis.

5. Ada baiknya kamu mengurangi kegiatan sepulang sekolah

Meskipun berdampak positif, ternyata dengan mengikuti bimbel dan les sehabis pulang sekolah akan membuatmu cepat merasa lelah. Otakmu sudah jenuh digunakan untuk mempelajari rumus-rumus rumit apalagi ditambah dengan bimbel dan juga les yang memaksa otakmu untuk kembali berpikir dan memperlambat waktu untuk pulang.

Sebenarnya sah-sah saja jika kamu mengikuti kegiatan tersebut tapi lebih baik jika siswa Full Day School mengikuti les privat ataupun bimbel online yang banyak memberi kemudahan. Selain hemat tenaga, kamu gak perlu capek-capek untuk datang di tempat les yang jauh dan panas.

Itulah lima tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menghindari kelelahan saat Full Day School. Semoga dengan adanya tips ini, kamu bisa lebih enjoy ke sekolah meskipun harus pulang pada sore hari. Jangan lupa share artikel ini pada teman dan keluargamu yang juga mengalami hal yang sama.

Sumber : idntimes
Editor : Afrijon

Sukai Fan Page Facebook - Infosiak.com  | Subscribe Channel YoutubeInfosiak | Follow InstagramInfo_Siak | Follow Twitter - Info_Siak
waterpark_siak'
BERBAGI

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.