Beranda Pendidikan Mahasiswa Tanyakan Dana Beasiswa Belum Ditransfer, Ini Kata Disdikbud Siak

Mahasiswa Tanyakan Dana Beasiswa Belum Ditransfer, Ini Kata Disdikbud Siak

379
BERBAGI
tour_de' tour_de'

SIAK (Infosiak.com) – Banyak mahasiswa bertanya kenapa hingga saat ini dana beasiswa belum masuk ke rekening penerima. Padahal, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Siak pada Senin (25/11/2019) lalu telah mengumumkan nama-nama penerima bantuan program beasiswa mahasiswa berprestasi yang pada beberapa bulan lalu mengajukan permohonan ke Disdikbud Siak.

“Ada kabar beasiswa sudah ditransfer tetapi ada yang nomor rekening yang tidak aktif. Sedangkan nomor rekening saya aktif selalu saya gunakan pun tidak ada masuk juga,” kata Agung salah satu mahasiswa UIR asal Perawang.

Menanggapi hal tersebut, Kasubag Umum Disdikbud Siak Dori Putra mengatakan bahwa rekening penerima beasiswa tidak sama. Hal itu menyebabkan pengiriman dana beasiswa membutuhkan waktu yang lama.

“Sedang dalam masa proses transfer, karena rekening penerima beasiswa tidak satu Bank, itu yang menyebabkan waktu menjadi lama. Dan saat ini juga belum ada yang masuk ke rekening penerima. Diharapkan hingga minggu depan sudah mulai masuk ke rekening penerima,” kata Dori Putra, kepada Infosiak.com, Jumat (29/11/2019)

Baca Juga:  Sekolah Pulangkan Siswa tak Bayar SPP, Kadisdik Siak: Jika Terbukti Kita Cabut Izinnya

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Siak, Senin (25/11/2019), mengumumkan nama-nama penerima bantuan program beasiswa mahasiswa berprestasi yang pada beberapa bulan lalu mengajukan permohonan ke Disdikbud Siak.

Kepala Disdikbud Siak H Lukman M.Pd, melalui Kasubag Umum Dori Putra menyebutkan penyeleksian dan verifikasi berkas telah selesai dilakukan.

“Setelah melalui proses panjang penyeleksian dan verifikasi berkas yang diajukan oleh para mahasiswa, hari ini kami (Disdikbud Siak, red) akan mengumumkan nama-nama penerima bantuan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi,” papar Dori Putra, kepada Infosiak.com.

Baca Juga:  Kabar Gembira, Disdikbud Siak Segera Salurkan Program Beasiswa
loading...

Dijelaskannya juga, nama-nama mahasiswa yang menerima program beasiswa tersebut, hari ini juga akan dimumkan melalui informasi tertulis yang ditempelkan/dipajang di dinding depan sebelah pintu masuk Kantor Disdikbud Siak.

“Insya Allah, hari ini juga akan kami tempelkan pengumuman nama-nama penerima beasiswa di dekat pintu masuk Kantor Disdikbud Siak. Adapun untuk sistem penyalurannya, beasiswa ini akan langsung ditransfer ke rekening penerima masing-masing, sehingga mahasiswa penerima tidak repot-repot lagi mendatangi Kantor Disdikbud Siak,” lanjut Dori.

Menyinggung soal besaran (nilai uang, red) beasiswa yang akan disalurkan kepada mahasiswa berprestasi tersebut, untuk di tahun 2019 ini jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan yang tahun 2018 lalu. Hal itu dikarenakan adanya penambahan anggaran yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2019.

Berikut jumlah penerima program beasiswa berdasarkan jenjang pendidikan:

  1. Jenjang D-IV / S1 = 2.318 orang.
  2. Jenjang S2 = 39 orang.
  3. Jenjang D-III = 130 orang.
  4. Jenjang Fakultas Kedokteran Universitas Riau (UR) = 13 orang.
Baca Juga:  Membludak..! Pemohon Bantuan Beasiswa di Disdikbud Siak Capai 2.300 Orang

“Sebelum dilakukan verifikasi berkas, jumlah mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa sebanyak 2.570 orang. Namun, setelah diseleksi dan diverifikasi, berkas yang dinyatakan memenuhi syarat dan dinyatakan lulus seleksi sebanyak 2.500 orang. Adapun untuk masing-masing mahasiswa akan menerima beasiswa sesuai dengan jenjang pendidikannya, yakni bagi jenjang D-IV dan S1 sebesar Rp2.000.000/orang, jenjang S2 Rp2.500.000/orang, jenjang D-III Rp1.700.000/orang. Sedangkan khusus untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran UR Rp22.700.000/orang,” imbuh Dori.

Lebih lanjut dikatakan, mahasiswa yang mendapatkan bantuan beasiswa dari Pemkab Siak tersebut, merupakan mahasiswa yang benar-benar berasal dari Kabupaten Siak, yang dibuktikan melalui KTP, KK, dan keterangan lainnya.

Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Afrijon

loading...
BERBAGI