Beranda Pendidikan Jangan Gagal Faham, PPDB 2019 Bukan Berdasarkan Nilai tapi Jarak

Jangan Gagal Faham, PPDB 2019 Bukan Berdasarkan Nilai tapi Jarak

163
BERBAGI
gubernur_riau'

PERAWANG (Infosiak.com) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 masih menggunakan jalur zonasi, sebagaimana yang termaktub dalam Permendikbud No.51/2018 tentang penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020.

Penerapan sistem zonasi mengharuskan calon siswa untuk menempuh pendidikan di sekolah yang memiliki radius terdekat atau paling dekat dari domisilinya masing-masing.

Peserta didik bisa memiliki opsi maksimal tiga sekolah, dengan catatan sekolah tersebut masih memiliki slot siswa dan berada dalam wilayah zonasi siswa tersebut.

Berdasarkan Permendikbud nomor 51/2018 diatur PPDB melalui zonasi. Seleksi calon peserta didik baru dilakukan dengan memprioritaskan jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah dalam zonasi yang ditetapkan.

sedang memuat...

Jarak tempat tinggal terdekat dimaksud adalah dihitung berdasarkan jarak tempuh dari tempat tinggal siswa ke sekolah. Jika jarak tempat tinggal sama, maka yang diprioritaskan adalah calon peserta didik yang mendaftar lebih awal.

Korwilcam Disdikbud Siak kecamatan Tualang Hj Zahroni MPd menyebutkan pihak sekolah diharuskan menerima calon siswa yang tempat tinggalnya memiliki jarak tempuh terdekat dengan gedung sekolah.

“Dalam penerimaan siswa baru tahun ini syarat utama adalah jarak tempuh siswa ke sekolah. Tempat tinggal terdekat siswa dengan sekolah menjadi prioritas dalam PPDB tahun ini,” kata Hj Zahroni MPd kepada awak media, Kamis (4/7/2019).

Apabila zonasi sekolah sudah melebihi kuota lanjutnya, pihak sekolah baru menyesuaikan dengan ranking calon siswa dan melalui RT setempat berapa jumlah khususnya untuk Perawang Barat.

Laporan : Jhon
Editor : Afrijon

tunggu...

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Sukai Fan Page Facebook - Infosiak.com  | Subscribe Channel YoutubeInfosiak | Follow InstagramInfo_Siak | Follow Twitter - Info_Siak
waterpark_siak'
Baca Juga:  Membangun Budaya Belajar di Sekolah
BERBAGI