Beranda NASIONAL Ayo Ikuti Festival Gapura Cinta Negeri HUT RI, Hadiah Total Rp 1...

Ayo Ikuti Festival Gapura Cinta Negeri HUT RI, Hadiah Total Rp 1 Miliar dan Piala Bergilir Presiden

121
BERBAGI
tour_de' tour_de'

JAKARTA (Infosiak.com) – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 74, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Sekretariat Negara, dan Kementerian Dalam Negeri bersepakat mengadakan acara Festival Gapura dengan mengusung tema Cinta Negeri yang bersifat nasional.

Menghias gapura telah menjadi salah satu tradisi di masyarakat Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Gapura merupakan simbol yang luas dari masyarakat Indonesia, tidak hanya mewakili kultur budaya dari 34 provinsi di Indonesia namun gapura juga menyimbolkan kreativitas dan gotong royong antar masyarakat.

tour_de'

Saat Konferensi Pers Festival Gapura Cinta Negeri di Lobby Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara pada Rabu (17/7/2019), Kepala Bekraf, Triawan Munaf menuturkan “Festival Gapura Cinta Negeri ini sebetulnya menghidupkan kembali kebiasaan dari dulu di setiap menjelang 17 Agustus perayaan HUT proklamasi yang sudah lama hilang karena itulah kita berusaha membangkitkan kembali semangat itu dan tentunya selain semangat gotong royong, ada semangat kreativitas yang sifatnya inklusif untuk siapa saja.”

“Kita akan mengajak seluruh lapisan masyarakat di RT/RW kemudian di perusahaan-perusahaan, instansi-instansi, BUMN untuk membuat secara bersama-sama, bergotong royong untuk menunjukkan kebersamaan kita setelah lama kita berkutat dengan pemilu berbulan-bulan kemudian kita tumbuhkan lagi kebersamaan.” tambah Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama.
Festival ini akan diselenggarakan mulai tanggal 17 Juli 2019 – 17 Agustus 2019.

tour_de'

Peserta yang akan mengikuti festival ini dapat mendaftar melalui website www.gapuracintanegeri.com dan wajib mengirimkan 10 foto yang terdiri dari 4 foto kemeriahan proses pembuatan gapura di lingkungannya, dan 6 foto gapura hasil karyanya.

Hasil karya gapura yang sudah dikirimkan akan diseleksi oleh 80 orang panitia kurasi, untuk selanjutnya para kurator akan menyeleksi 50 finalis gapura Kategori Masyarakat Umum dan 10 finalis Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi. Kriteria penilaian antara lain relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep (nilai seni, estetika, dan kreativitas visual), kreativitas produksi, semangat gotong royong dan kebersamaan.

Baca Juga:  Upacara Peringatan HUT RI ke-74, Alfedri: Kita komit majukan pendidikan

Pada penghujung Festival Gapura Cinta Negeri, akan terpilih 10 pemenang gapura dari Kategori Umum dan 3 pemenang dari Kategori Instansi/Lembaga/Perusahaan/Organisasi. Dari pemenang di 2 kategori tersebut nantinya akan dipilih 1 pemenang sebagai Gapura terbaik. Netizen juga akan mendapatkan kesempatan untuk memilih Gapura Favorit. Setiap pemenang gapura akan diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo.

10 pemenang kategori umum akan mendapatkan piala, piagam dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang; 3 pemenang kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi akan mendapatkan piala, piagam, dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang; dan 1 pemenang yang terpilih sebagai Gapura Terbaik akan mendapatkan hadiah piala bergilir, piagam, dan hadiah uang senilai Rp 250 juta per pemenang.

Informasi lebih lengkap tentang persyaratan dan pendaftaran dapat diakses melaluiwww.gapuracintanegeri.com

Sumber : Rilis
Editor : Afrijon

Hari Jadi Siak...
BERBAGI