Beranda KESEHATAN Ramadhan Sudah Dekat, Ini 7 Persiapan Tubuh yang Harus Dilakukan Jelang Bulan...

Ramadhan Sudah Dekat, Ini 7 Persiapan Tubuh yang Harus Dilakukan Jelang Bulan Puasa

3
BERBAGI

JAKARTA (Infosiak.com) – Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, tinggal hitungan hari saja. Gimana nih persiapan kamu, apakah sudah siap menjalani puasa selama 30 hari penuh? Tak sekadar menahan diri dari segala godaan dan cobaan, kamu juga harus mempersiapkan perubahan yang akan terjadi pada tubuh saat puasa.

Lalu apa saja sih yang sebaiknya kamu lakukan agar tubuh kamu fit dan semangat jelang datangnya bulan puasa?

1. Menjaga asupan makanan dan minuman

Saat bulan puasa cobalah untuk memilah makanan dan minuman apa yang baik bagi tubuhmu. Jangan samakan dengan hari biasanya, karena ketika puasa tubuh membutuhkan asupan makanan dan minuman yang gizi dan nutrisi tinggi. Makanan sahur yang berkualitas akan menjaga metabolisme tubuh kamu tetap normal seperti biasanya.

2. Memilih menu makanan yang sesuai

Gak semua menu makanan yang enak dan lezat itu baik dikonsumsi saat puasa. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu kondisi tubuh kamu, setelah itu baru pilih menu makanan dan minuman yang cocok. Misalnya, hindari konsumsi menu pedas, berlemak dan bersantan berlebih tapi bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi santan saat puasa ya. Karena, santan memiliki kandungan yang sangat baik bagi metabolisme tubuh. Selain itu ada pula asam laurat yang bersifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur.

3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Ketika puasa tubuh akan kehilangan banyak sekali cairan, oleh sebab itu kita harus pastikan banyak mengonsumsi air mineral. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi, karena dehidrasi bisa memicu terjadinya sakit kepala. Kondisi ini akan mengurangi kondisi tubuh kamu saat berpuasa.

gubernur_riau' gubernur_riau'
sedang memuat...

4. Biasakan makan pagi

Bagi kamu yang tidak terbiasa sarapan karena berbagai alasan. Mulai sekarang coba deh untuk makan pagi sebagai simulasi makan sahur nanti. Kebiasaan ini bisa membuatmu terbiasa menerima asupan di waktu yang tidak biasa dan yang paling penting melatihmu untuk bisa bangun pagi.

Baca Juga:  Sambut Ramadhan 1440 H dan Jalin Silaturahmi, Pemkam Tualang Gelar Syukuran

5. Menjalani ibadah puasa sunnah

Kamu bisa memulainya dengan melakukan puasa sunah terlebih dahulu. Puasa sunnah bisa melatih kamu untuk bisa kuat dan semangat menjalani puasa. Misalnya puasa Senin-Kamis, puasa Daud, puasa Rajab dan lainnya, tapi ingat ya jangan berpuasa 1-2 hari jelang Ramadan kecuali kamu memang terbiasa melakukan puasa sunnah.

6. Kurangi kebiasaan ngemil

Bagi kamu yang doyan banget ngemil cobalah untuk mengatur kembali pola makan kamu mulai dari sekarang. Agar ketika memasuki bulan puasa tidak merasa kaget dan merasa lapar di waktu siang, sore bahkan malam.

7. Minimalisir penggunaan gula

Menghindari makanan manis memang membutuhkan usaha dan tekad yang keras ya. Rasanya sangat sulit berpisah dengan permen, cokelat, ciki, jus, es krim, Tapi kamu pasti bisa. Karena asupan gula tinggi di saat puasa dapat membuat kamu merasa cepat lapar. Oleh sebab itu, mulailah untuk mengurangi gula dalam makanan maupun minuman kamu. 

Itulah persiapan yang harus kamu terapkan mulai sekarang. Ingat bulan puasa tinggal beberapa hari lagi, jangan sampai puasa kita terganggu karena persiapan yang kurang maksimal.

Sumber : IDNT
Editor : Afrijon

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Sukai Fan Page Facebook - Infosiak.com  | Subscribe Channel YoutubeInfosiak | Follow InstagramInfo_Siak | Follow Twitter - Info_Siak
tunggu...
waterpark_siak'
BERBAGI