Beranda KESEHATAN Kebutuhan Transfusi Tinggi, Stok Darah di RSUD Siak Nyaris Kosong

Kebutuhan Transfusi Tinggi, Stok Darah di RSUD Siak Nyaris Kosong

0
BERBAGI

SIAK (Infosiak.com) – Tingginya kebutuhan akan transfusi darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafi’an Siak pada beberapa pekan terakhir ini, telah menyebabkan persediaan (stok, red) darah di RSUD Siak nyaris kosong, khususnya pada golongan darah A.

Sebagaimana dikemukakan oleh Wakil Ketua Bidang Yansoskes dan Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Siak dr H Benny Chairuddin Sp.An M.Kes, Rabu (05/12/2018) siang, kepada Infosiak.com.

“Akhir-akhir ini kebutuhan akan transfusi darah di RSUD Siak sangat tinggi, sehingga menyebabkan stok darah yang tersedia di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Siak nyaris kosong, khususnya pada golongan darah A. Oleh sebab itu kami berharap dan mengimbau masyarakat untuk melakukan aksi sosial berupa donor darah sukarela,” tutur dr Benny Chairuddin, yang juga selaku Direktur RSUD Tengku Rafi’an Siak.

Dikatakannya juga, aksi sosial berupa donor darah yang diharapkan oleh pihak RSUD Siak tersebut, bisa dilakukan oleh masyarakat baik secara pribadi ataupun kolektif melalui Organisasi Massa (Ormas).

memuat...

“Kami berharap masyarakat baik pribadi ataupun kolektif Ormas, Partai, Instansi, Institusi Pendidikan dan lain-lain untuk berperan aktif bergerak melakukan aksi sosial donor darah sukarela. Bantuan kita semua sangat berarti untuk menyelamatkan nyawa,” imbuh dr Benny.

Disamping itu, lanjut dr Benny, kepada keluarga pasien juga sangat diharapkan untuk segera mencari pengganti stok darah yang telah digunakan. Hal itu untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kekosongan stok darah di RSUD Siak, serta dapat digunakan untuk pasien lain.

“Para pendonor bisa menyumbangkan darahnya dengan langsung datang ke UTD RSUD Tengku Rafi’an Siak, atau juga bisa melalui petugas PMI yang akan datang ke tempat acara donor darah massal,” sambungnya lagi.

Baca Juga:  Direktur RSUD Siak Imbau Pengunjung Patuhi Aturan Rumah Sakit

Benny juga mengatakan, yang mempunyai golongan darah AB cukup langka, sehingga apabila ada yang mendonorkan darahnya tentu sangat berarti. Mudah-mudahan kita bisa saling membantu dan memperat tali kasih sesama kita.

Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Afrijon

Sukai Fan Page Facebook - Infosiak.com  | Subscribe Channel YoutubeInfosiak | Follow InstagramInfo_Siak | Follow Twitter - Info_Siak
memuat...
waterpark_siak'
BERBAGI

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.