Beranda KESEHATAN Awas Terlalu Lama Tatap Layar Smartphone Sebabkan Mata Anak Juling

Awas Terlalu Lama Tatap Layar Smartphone Sebabkan Mata Anak Juling

116
BERBAGI
tour_de' tour_de'

JAKARTA (Infosiak.com) – Dari hari ke hari makin banyak orang tua yang memberikan smartphone pada anak-anak mereka. Di sisi lain, penelitian terbaru dokter Chonnam National University menunjukkan bila penggunaan smartphone berlebihan pada anak-anak berbahaya bagi mata.

Tim dokter membuktikan bila mata anak-anak dapat mengalami strabismus atau juling akibat menatap layar smartphone terlalu lama. Mata juling terjadi saat bola mata tidak dapat melihat fokus pada satu titik yang sama atau menyimpang. Penyimpangan ini bisa ke dalam, luar, atas, atau bawah.

Baca Juga:  Kini RSUD Siak Berstandar Nasional Usai Terima Sertifikat dari KARS Indonesia

Penelitian yang dilakukan pada anak-anak di usia 7-16 tahun ini juga menunjukkan bila rata-rata menghabiskan waktu memakai smartphone selama 4-8 jam sehari. Ironisnya, mereka juga memegang smartphone dalam jarak dekat, sekitar 20 sentimeter dari wajah.

loading...

Padahal sejatinya pengguna tidak boleh menggunakan smartphone secara terus menerus lebih dari 30 menit. Akibatnya, tim dokter menemukan tanda bila gejala mata juling semakin populer pada anak-anak.

Baca Juga:  Waspada,!!! Nyamuk Demam Berdarah Lebih Suka Serang Anak Sekolah, Ini Gejalanya

Lebih lanjut, anak-anak yang terlihat memiliki gejala mata juling disarankan langsung dibawa ke dokter agar bisa langsung mendapat perawatan dan terapi. Dokter Chonnam National University menyatakan untuk menyembuhkan gejala mata juling akibat smartphone ini diperlukan waktu sekitar 2 bulan. Selama itu, anak-anak tidak boleh melihat smartphone sama sekali.

Baca Juga:  Anda Bosan Dengan Pelayanan Faskes 1 BPJSKes, Begini Cara Mudah Pindah Layanan

Sumber: Merdeka
Editor : Afrijon

loading...
BERBAGI