Beranda KESEHATAN 2 Siswinya Terjangkit DBD, Guru SMP YPPI Halangi Wartawan Lihat Lingkungan Sekolah

2 Siswinya Terjangkit DBD, Guru SMP YPPI Halangi Wartawan Lihat Lingkungan Sekolah

BERBAGI
gubernur_riau'

PERAWANG (Infosiak.com) – Dua siswi SMP YPPI Tualang Kabupaten Siak terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD). Siswi kelas 1 dan kelas 2 itu mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

Hal ini disebutkan oleh dua orang siswi saat Infosiak.com mengunjungi sekolah tersebut di perumahan KPR 1 Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang, Siak.

“Iya pak, ada teman kita yang kenak DBD pak. Yang satu kelas dua dan satu lagi kelas satu,” sebut salah satu siswi yang tak ingin disebutkan namanya.

Infosiak.com, mencoba menemui kepala SMP YPPI untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut, sekaligus ingin melihat kondisi di lingkungan sekolah.

Namun, saat tiba di sekolah swasta itu, kurang mendapat respon yang baik dari pihak sekolah. Salah satu guru yang diketahui bernama Hari Rahmat menghalangi wartawan yang ingin melihat situasi lingkungan sekolah.

“Kepala sekolah tidak ada. Nanti kalau kalian masuk, Kalian beritakan pula (lingkungan sekolah) yang buruk-buruk,” ujarnya sembari memainkan smartphone, Selasa (19/2/2019) siang.

sedang memuat...

Ketika awak media meminta guru tersebut mendampingi dua orang wartawan yang berkunjung ke sekolah tersebut, namun dirinya tetap menolak. “Kalau saya yang mendampingi, banyak kali kerjaan saya,” cetusnya.

Sebagaimana diketahui, kasus demam berdarah dengue (DBD) tahun 2019 di kecamatan Tualang kabupaten Siak terus meningkat drastis. Sejak Januari hingga pertengahan Februari saja sudah mencapai 21 kasus dan penderitanya rata-rata pelajar yang duduk di bangku sekolah Dasar serta Sekolah Menengah Pertama. Padahal, tahun 2018 hanya terjadi 23 kasus.

Berdasarkan keterangan pihak Puskesmas Perawang, petugas kesehatan pernah menemukan kasus DBD namun tidak menemukan jentik nyamuk di sekitar rumah korban. Dinas Kesehatan Siak juga menghimbau semua pihak segera memberantas sarang nyamuk seperti membersihkan genangan air dan selokan yang tersumbat.

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek meminta pihak sekolah serta para siswa untuk menjaga lingkungan sekolah agar terhindar dari serangan nyamuk penyebab DBD.

Menkes juga mengimbau warga sekolah untuk melakukan pencegahan dengan cara menguras bak mandi di sekolah setiap kali menjelang akhir pekan.

Menkes Nila dalam keterangannya menyarankan hal tersebut karena melihat data penderita penyakit demam berdarah lebih banyak dialami oleh anak-anak.

Laporan : Jhon
Editor : Afrijon

tunggu...

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Sukai Fan Page Facebook - Infosiak.com  | Subscribe Channel YoutubeInfosiak | Follow InstagramInfo_Siak | Follow Twitter - Info_Siak
waterpark_siak'
BERBAGI