Beranda Islami Pemerintah Daerah Ini Bangun Masjid 99 Kubah, Diklaim Masjid Terunik di Dunia

Pemerintah Daerah Ini Bangun Masjid 99 Kubah, Diklaim Masjid Terunik di Dunia

61
BERBAGI
tour_de' tour_de'

MAKASAR (Infosiak.com) – Pembangunan Masjid Raya 99 Kubah milik warga Sulawesi Selatan hampir rampung. Untuk membangun masjid yang jadi ikon baru Sulsel itu, pemerintah setempat menganggarkan hingga Rp 176 miliar.

“Kalau total anggarannya hingga selesai sebesar Rp 176 miliar. Insyaallah jadi pada tahun 2019,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang Pemprov Sulsel Andi Darmawan Bintan saat berbincang dengan detikcom, Jumat (28/12/2018).

tour_de'

Pada 2019, pemerintah tengah menyiapkan anggaran Rp 58 miliar untuk menyelesaikan pembangunan ini. Dana sebesar ini diperuntukkan buat membangun 17 kubah yang belum selesai, termasuk menara masjid, hingga menyelesaikan pelataran suci yang dapat menampung sekitar 10 ribu orang.

tour_de'

“Konsep pelataran suci ini akan sama seperti Masjidil Haram di Mekah, yang dapat menampung banyak orang. Lalu masih ada tangga yang akan dibuat menuju ke pelataran suci ini,” kata dia.

Untuk dana Rp 58 miliar itu, Darmawan mengaku masih menunggu penyelesaian audit untuk tahun 2018. Apalagi saat ini masih proses transisi kepemimpinan baru di Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Nurdin Abdullah.

Dia mengklaim Masjid 99 Kubah, yang berdiri di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, akan menjadi salah satu dari 30 masjid terunik di dunia. 

“Untuk di Indonesia, masjid ini akan masuk 10 yang terbaik,” kata dia.

Ditambahkannya, meski didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pemerintah setempat tetap melibatkan arsitek lokal dalam pembuatannya. “Arsitek lokal namanya Pak Mursif. Ada beberapa bagian yang ditambahkan oleh dia ke masjid ini,” ungkapnya.

Sumber : Detik
Editor : Afrijon

Hari Jadi Siak...
BERBAGI