Beranda Islami Manasik Haji, Puluhan Santri RA Al Kautsar Dayun Rindu ke Baitullah

Manasik Haji, Puluhan Santri RA Al Kautsar Dayun Rindu ke Baitullah

22
BERBAGI

DAYUN (Infosiak.com) – Puluhan santriwan/santriwati Raudhatul Athfal Taman Pendidikan Quran (RA TPQ) dan Madrasah Diniyah Ta’miliyah Awaliyah (MDTA) Al Kautsar Kampung Sialang Sakti Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, mengikuti kegiatan pelatihan manasik haji yang digelar oleh panitia RA Al Kautsar, Jum’at (09/08/2019) pagi.

Ketua panitia yang sekaligus kepala RA Al Kautsar Dayun Lailatul Munawaroh mengatakan, ada beberapa tujuan diselenggarakannya kegiatan praktik manasik haji kolosal bagi anak-anak RA, TPQ dan MDTA Al Kautsar tahun ini, diantaranya menanamkan nilai agama dan moral kepada anak-anak sejak dini dengan memahami prosesi ibadaah haji.

Selain itu, anak dapat mengenal pelaksanaan ibadah haji sejak dini, dengan praktek ibadah haji. Melatih anak untuk dapat bersabar, disiplin, dan saling tolong menolong. Serta sebagai ajang untuk mempererat ukhuwah islamiyah diantara peserta didik dan guru.

“InsyA Alloh tahun depan kita adakan dengan melibatkan wali murid juga, agar kebersamaan dan latihan tolong menolong di sini benar benar terasa,” ujar Lailatul Munawaroh.

Sementara itu pengelola RA TPQ dan MDTA Al Kautsar Ustadz Moh Royani mengatakan, kegiatan ini sangat positif dan saya harapkan dapat terus diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan.

gubernur_riau' gubernur_riau'
sedang memuat...

“Praktik manasik haji kolosal yang dilaaksanakan oleh anak-anak RA, TPQ dan MDTA akan cepat membekas dan dapat menjadi motivasi bagi anak untuk terus berbuat baik di lingkungan keluarga dan dunia anak-anak,” kata Ustadz Royani.

Dikatakannya juga, karena pembelajaran bagi anak anak tidak hanya sekedar bisa baca tulis saja. tapi anak anak harus dikenalkan dengan pendidikan Islam dan karakter Islam serta melatih mental sejak dini.

Pantauan Infosiak.com di lapangan, puluhan santriwan dan santriwati RA/MDTA Al Kautsar Dayun tersebut terlihat cukup antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan/praktek manasik haji.

Baca Juga:  224 Calon Jemaah Haji Kabupaten Siak Gelar Perekaman Biometrik, 7 Orang tak Hadir

Bahkan para wali murid yang menyaksikan anak-anaknya mengikuti praktek manasik haji tersebut, terlihat banyak yang meneteskan air mata dan bermohon kepada Allah SWT semoga kelak mereka bisa menunaikan ibadah haji beneran.

“Kami sangat senang mengikuti latihan manasik haji seperti ini, karena kami bisa tau tatacara pelaksanaan ibadah haji di tanah suci. Kami jadi rindu dan kepengen pergi naik haji ke Baitullah,” ujar Kaysa, salah seorang santri RA Al Kautsar Dayun.

Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Afrijon

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Sukai Fan Page Facebook - Infosiak.com  | Subscribe Channel YoutubeInfosiak | Follow InstagramInfo_Siak | Follow Twitter - Info_Siak
tunggu...
waterpark_siak'
BERBAGI