Beranda HUKRIM JPU Kejari Siak Tuntut Suratno dan Mantan Kadis Teten Efendi 2,5 Tahun...

JPU Kejari Siak Tuntut Suratno dan Mantan Kadis Teten Efendi 2,5 Tahun Penjara

60
BERBAGI
tour_de'

SIAK (Infosiak.com) – Pengadilan Negeri Siak menggelar sidang perkara atas dugaan pemalsuan Surat Kementerian Kehutanan yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Duta Swakarya Indah (DSI), Suratno Konadi dan mantan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Siak Teten Efendi, Selasa (18/06/2019) sore.

Sidang yang digelar dengan mendengarkan analisis Yuridis dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Siak itu menuntut Suratno Konadi dan Teten Effendi masing-masing selama 2 tahun 6 bulan penjara dengan ganti rugi beban perkara sebanyak Rp2.000.

“Mereka dituntut dikarenakan telah melanggar pasal 263 ayat 2 dan pasal 55 ayat 1 ke 1 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP),” papar JPU Kejari Siak Herlina Samosir, dalam persidangan.

Hal-hal yang memberatkan dan menjadi pertimbangan JPU Kejari Siak dalam menuntut Teten Effendi dikurung selama 2 tahun 6 bulan dikarenakan Teten dianggap terbukti secara sah dan meyakinkan turut serta dalam melakukan tindakan pemalsuan Surat Keputusan Kemenhut.

tour_de'
sedang memuat...

Dan dalam pertimbangan JPU hal yang meringankan hukuman, Teten Effendi dianggap tidak pernah melakukan tindak pidana dan sopan selama persidangan digelar sejak awal dan harus membayar beban perkara sebesar Rp2000.

Sementara itu, Direktur Utama PT Duta Swakarya Indah (DSI), Suratno Konadi juga dituntut hal yang sama dikarenakan turut serta menggunakan surat palsu dan dituntut selama 2 tahun 6 bulan dan membayar beban perkara sebesar Rp 2000.

“Teten Effendi dan Suratno Konadi sama-sama melakukan tindak pidana yakni ikut serta dalam menggunakan surat palsu,” tambahnya lagi.

Penasehat Hukum Pelapor, Firdaus Azis SH berharap putusan Hakim Pengadilan Negeri (PN) Siak nanti sesuai dengan tuntutan yang disampaikan oleh JPU di dalam persidangan.

“Kita berharap putusan hakim nanti sesuai dengan tuntutan yang disampaikan JPU,” Cakap Firdaus Aziz kepada awak media.

Baca Juga:  Sambil Menangis, Petinggi Sinar Mas Mengaku Menyesal Suap Anggota Dewan

Sidang yang diagendakan pukul 11:00 WIB itu baru digelar sekira pukul 16:00 WIB di Kantor Pengadilan Negeri Siak dalam agenda Pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Siak.

Laporan: Miswanto /Tok
Editor: Afrijon

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Sukai Fan Page Facebook - Infosiak.com  | Subscribe Channel YoutubeInfosiak | Follow InstagramInfo_Siak | Follow Twitter - Info_Siak
tunggu...
waterpark_siak'
BERBAGI