Beranda Gaya Hidup Begini Cara Agar Ketupat tak Cepat Basi

Begini Cara Agar Ketupat tak Cepat Basi

53
BERBAGI
tour_de'

JAKARTA (Infosiak.com) – Ketupat merupakan makanan yang kesannya wajib tersedia saat Lebaran. Tanpa ketupat, opor ayam, sayur lodeh, rendang, dan sambal goreng ati tidak terasa lengkap.

Ketupat tapi kadang tidak bertahan lama. Memang butuh trik saat mengolah ketupat agar awet lebih lama.

Godok 5 jam

Setelah beras dimasukkan ke anyaman daun kelapa berbentuk ketupat, masukkan ke dalam dandang yang telah berisi air. Pastikan air merendam semua bagian ketupat agar matang merata. Rebus atau godok ketupat selama 4-5 jam di dalam dandang.

Ketupat digantung

Setelah ketupat direbus lalu tiriskan. Setelah ditiriskan, gantung ketupat dengan tali yang diikatkan di gantungan.

tour_de'
sedang memuat...

Menggantung ketupat bertujuan agar ketupat tahan lama hingga 2 hari tanpa menggunakan pengawet boraks atau bleng. Sebab, air yang berada di dalam ketupat merembes dan menetes jatuh ke bawah dan tidak mengendap.

Anginkan ketupat

Gantung ketupat di ruangan yang tidak lembab, di ruangan yang angin bisa keluar masuk. Sehingga tentu saja ketupat tidak mudah basi dan siap dikonsumsi.

Segera habiskan

Ketupat yang sudah dibuka dari daunnya sebaiknya langsung cepat dimakan dan dihabiskan agar tidak basi dan dibuang sia-sia.

Sumber : Rilis
Editor : Afrijon

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Sukai Fan Page Facebook - Infosiak.com  | Subscribe Channel YoutubeInfosiak | Follow InstagramInfo_Siak | Follow Twitter - Info_Siak
tunggu...
waterpark_siak'
Baca Juga:  Pantau Kesiapan Petugas Pos Mudik, Alfedri Tinjau Pelabuhan Tanjung Buton
BERBAGI