Beranda EKONOMI Suyatno Ajak Petani Kembangkan Tanaman Holtikultura

Suyatno Ajak Petani Kembangkan Tanaman Holtikultura

85
Print Friendly, PDF & Email

Panen Raya Cabai

ROHIL (Publiknews)- Bupati Rokan Hilir H Suyatno melakukan Panen Raya Cabai Merah Kelompok Tani seluas 40 hektar di Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir Kecamatan Kubu Selasa (14/2/2017).

Bupati memberikan apresiasi kepada Camat, Penghulu dan Kelompak Tani yang telah berupaya mengembangkan tanaman cabai di daeranya,karena menurutnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri.

Dalam melakukan Panen raya cabai tersebut Bupati Suyatno didampingi Ketua DPRD H. Nasrudin Hasan, dan Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo, Kapolsek kubu AKP. Syofyan, Kadis Ketahanan Pangan dan perkebunan Rohil, Isa Ahmadi, Camat Kubu Asrul, S. Sos, Camat Kuba Drs.Ahmad Atin, Serta Kelompok Tani setempat.

Baca Juga:  PPATK Monitor Dugaan Aliran Dana Sawit Masuk ke Kantong Kepala Daerah

“Meski terlambat, tapi saya senang melihat panen cabai yang dilaksanakan hari ini, karena cabainya banyak sekali,” kata Suyatno usai melakukan panen.

Menurut keterangan dari kelompok petani, hasil panen cabai tersebut tidak hanya dipasarkan di Rohil saja, tapi juga sudah banyak dijual ke Pekanbaru, Jambi, Padang, Palembang dan daerah lainnya.

“Tadi laporan dari camat dan penghulu luas tanaman cabai ini lebih kurang 40 hektar. Saya minta dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan lagi,” katanya.

Baca Juga:  UMSP Riau Tahun 2019 Ditetapkan Rp 3.039.717 Per Bulan

Iapun berharap tidak hanya Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir saja yang mengembangkan tanaman itu, namun kecamatan maupun kepenghuluan lain juga diminta melakukan hal yang sama.

“Semua itu tergantung masyarakat mengembangkannya. Soal pembinaan nanti koordinasi dengan dinas terkait,” katanya mengajak.

Terkait keluhan petani soal air pasang yang masuk kelokasi tanaman cabe, Bupati menegaskan sudah disampaikan hal itu ke DPRD.

“Tahun ini juga akan kita bangun tanggul. Mudah-mudahan dengan dibangunnya tanggul itu air asin tidak masuk lagi,” kata bupati

Baca Juga:  Terkait Anjloknya Harga TBS, Kadistan Siak: Penetapan Harga ada di Provinsi

Selain itu, masyarakat juga mendambakan jalan masuk kelokasi panen cabai yang saat ini belum memadai.

“Kata Bupati beberapa hari yang lalu sejumlah mahasiswa juga ketemu saya, mereka minta perhatian jalan lintas itu.

Kita sudah masukkan anggarannya tahun ini sebesar Rp20 miliar, termasuk pembangunan kantor Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir.

Kesempatan itu Bupati Suyatno melakukan penyerahan sertifikat prona dan bantuan alat pertanian.(ton)

loading...