Beranda EKONOMI Bupati Siak Hadiri Pelatihan 10 Ribu UMKM Digelar BRI Perawang

Bupati Siak Hadiri Pelatihan 10 Ribu UMKM Digelar BRI Perawang

115
BERBAGI
tour_de' tour_de'

PERAWANG (Infosiak.com) – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) menunjukkan komitmen untuk menjadi penggerak ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan kepada 10.000 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Perawang, Kabupaten Siak, Riau.

Bank BRI menggelar pelatihan di Hotel Highland, Perawang, Rabu (20/11/2019) kepada pelaku UMKM yang ada di Kota Industri Perawang.

Pelatihan tersebut diikuti pelaku UMKM dengan berbagai jenis komoditas mulai dari kerajinan hingga kuliner.

Pelatihan ini sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-124 melalui Program BRI Peduli.

Hadir Bupati Siak Drs Alfedri Msi, Pimpinan Wilayah Bisnis Pekanbaru Harry Gusti Utama diwakili Amal, Camat Tualang Zalik Effendi SSos, Penghulu/Lurah serta para peserta pelatihan UMKM.

Baca Juga:  BKD Siak: Mulai Januari 2019 Gaji Pegawai Honorer Naik 25 Persen, PNS 10 Persen

Bupati Siak Drs Alfedri Msi mengatakan program pelatihan ini diselenggarakan oleh Bank BRI bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha agar bisa berkembang dan lebih maju.

Selain itu, para pelaku UMKM akan mendapatkan pelatihan terkait administrasi dan manajemen keuangan, pelatihan terkait e-Commerce.

“Disini sudah terasa Aura menyenangkan karena wajah wajah pengusaha itu sudah nampak disini,” kata Bupati Siak dalam sambutannya di depan pelaku UMKM Perawang.

Bupati Siak Drs. Alfedri Msi akan mendorong ketahanan pangan di Kabupaten Siak. Hal itu disampaikan beliau, lantaran mewujudkan ketahanan pangan merupakan visi misi strategis Pemkab Siak bersama Pemerintah pusat.

Baca Juga:  Tak Hanya Iuran BPJS Kesehatan, Pemerintah akan Naikkan Tarif Listrik 900 VA
loading...

“Visi misi seharusnya dilaksanakan lima prioritas yang pro terhadap rakyat, terwujud Indonesia berkpiribadian, mandiri, berdaulat demi menuju Indonesia maju, regulasinya itu membuka Lapangan pekerjaan seluas-luasnya dalam rangka mengurangi angka pengganguran, itu sudah kita lakukan di setiap daerah, salah satu UMKM,” imbuh dia.

“Kita sangat mendukung kegiatan ini karena BRI membantu tidak setengah-setengah langsung bekerjasama dengan tokopedia,” tambah Bupati.

Pimpinan Kantor Cabang BRI Perawang Kecamatan Tualang Tommy Salasah yang membuka pelatihan 10.000 UMKM menyebutkan, peserta pelatihan ditempah oleh tutor atau tenaga profesional yang biasa mengisi acara di nasional. 

Baca Juga:  BRI Cabang Perawang Mulai Bedah Rumah Warga di Kampung Tualang

“Sengaja kita mendatangkan tutor berpengalaman, agar pelaku UMKM semakin berkembang dan maju,” ujar dia.

Wakil Pimpinan Bisnis Wilayah BRI Riau-Kepri, Amal mengatakan, pelatihan tersebut untuk pengusaha kecil dan dibimbing tentang sistem pembukuan yang benar.

“Kita ajarin bagaimana sistem pembukuan yang benar. Kami mengundang salah satu pakar dari universitas. Selain itu kita juga bekerjasama dengan Tokopedia, jadi meteka ini juga diajarin bagaimana cara packing dan foto produk mereka. Juga bagaimana cara memasukkan produk tadi ke e-Commerce Tokopedia,” jelas Amal.

Laporan : Jhon
Editor : Afrijon

loading...
BERBAGI