Beranda DPRD Siak Sudah Ada Lahan, DPRD Siak Minta Pemerintah Segera Bangun Lapas Baru

Sudah Ada Lahan, DPRD Siak Minta Pemerintah Segera Bangun Lapas Baru

66
BERBAGI
gubernur_riau'

SIAK (Infosiak.com) – Terkait terjadinya peristiwa kerusuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Siak Sri Indrapura yang menyebabkan sebagian besar fasilitas Rutan rusak berat (hangus terbakar, red), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak meminta kepada Pemerintah Pusat agar segera membangun fasilitas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang baru. Mengingat saat ini di Kabupaten Siak sudah tersedia lahan yang bisa digunakan untuk pembangunan Lapas baru tersebut.

Sebagaimama diberitakan sebelumnya, pada tahun 2018 lalu Pemkab Siak telah menghibahkan lahan seluas 5 hektare kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) untuk digunakan sebagai tempat/lokasi didirikannya Lapas baru di wilayah Kabupaten Siak. Bahkan, belum lama ini juga sudah beredar kabar bahwasanya Pemerintah Pusat akan segera membangun Lapas baru di lokasi/lahan yang sudah disediakan tersebut.

Menanggapi akan adanya pembangunan Lapas baru di wilayah Kabupaten Siak itu, sejumlah anggota DPRD Siak mengaku sangat setuju atas rencana Pemerintah Pusat tersebut. Sebagaimana dikemukakan oleh Wakil Ketua II DPRD Siak Hendri Pangaribuan.

“Kita sangat mengapresiasi rencana pemerintah pusat dalam hal ini Kemenkum HAM, karena cepat tanggap akan butuhnya Lapas di Siak setelah kejadian pembakaran Lapas yang dilakukan oleh warga binaannya. Semoga dengan Lapas baru tersebut warga binaan bisa lebih tenang menjalani masa hukumannya, dan hal-hal penyebab terjadinya pembakaran tersebut bisa menjadi bahan evaluasi, sehingga peristiwa seperti itu tidak terjadi lagi di masa yang akan datang,” papar Hendri Pangaribuan, Senin (13/05/2019) siang, kepada Infosiak.com.

sedang memuat...

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Siak Muhtarom, dirinya menyebutkan bahwasanya Pemerintah Pusat memang harus secepatnya membangun fasilitas Lapas baru di Siak, mengingat Rutan yang ada sudah tidak layak untuk difungsikan, selain over kapasitas, kondisinya juga sudah luluh lantak pasca terjadinya kebakaran hebat beberapa waktu lalu.

“Terkait akan dibangunnya Lapas baru di Siak, saya sangat setuju, mengingat kapasitas Lapas yang ada sekarang sudah sangat kurang memadai, ditambah lagi sudah terbakar dan over kapasitas. Disamping itu, saya juga berharap bangunan yang baru nanti bisa memberikan kelayakan bagi para tahanan, yakni bangunan masjid atau mushalla juga harus ada,” ujar Muhtarom.

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota Komisi II DPRD Siak Sujarwo, menurutnya, pembangunan Lapas baru di Siak harus segera direalisasikan.

“Bagus, kita dukung rencana Pemerintah Pusat membangun Lapas baru di Siak. Apalagi kita ketahui bahwa Rutan Siak memang sudah over kapasitas. Dan lagian dengan adanya kebakaran di Rutan Siak kemarin, sebaiknya secepatnya pemerintah pusat membangunnya,” harap Sujarwo.

Laporan: Miswanto/ Tok
Editor: Afrijon

tunggu...

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Sukai Fan Page Facebook - Infosiak.com  | Subscribe Channel YoutubeInfosiak | Follow InstagramInfo_Siak | Follow Twitter - Info_Siak
waterpark_siak'
BERBAGI