Beranda DPRD Siak Dewan Siak Muhtarom: Petani Bisa Gunakan Excavator yang Tersedia di Distan

Dewan Siak Muhtarom: Petani Bisa Gunakan Excavator yang Tersedia di Distan

53
0
BERBAGI

SIAK (Infosiak.com) – Guna meningkatkan hasil produktivitas pertanian, saat ini para petani di Kabupaten Siak bisa menggarap (mengolah, red) lahannya dengan menggunakan alat berat (excavator, red) yang tersedia di Dinas Pertanian (Distan) Siak.

Sebagaimana dikemukakan oleh Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak Muhtarom S.Ag, dirinya menyebutkan bahwasanya beberapa waktu lalu Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyalurkan bantuan excavator untuk Distan Siak, yang mana alat berat tersebut bisa digunakan oleh para petani bilamana membutuhkan.

“Saat ini sudah ada excavator di Dinas Pertanian (Distan) Siak yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Oleh karenanya, bagi masyarakat (petani, red) yang membutuhkan alat tersebut bisa menyurati dinas terkait,” terang Muhtarom, Senin (01/10/2018) siang, kepada Infosiak.com.

Sesuai peruntukkannya, alat berat milik Distan yang saat ini dititipkan di workshop Dinas PU Siak itu, dapat digunakan oleh para petani untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan pengerjaan lahan di persawahan maupun normalisasi saluran air.

“Excavator itu bisa digunakan oleh petani untuk berbagai keperluan, seperti pengerjaan cuci parit, atau normalisasi, atau membuat saluran baru. Bahkan pengerjaan lahan sawah agar bisa difungsikan untuk persawahan,” imbuhnya.

Dengan telah tersedianya alat berat di Distan Siak tersebut, Wakil Ketua Komisi II DPRD Siak itu berharap, ke depan hasil produktivitas pertanian di Kabupaten Siak bisa lebih meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kita sangat menyambut baik adanya bantuan alat berat dari Kementerian Pertanian RI itu. Karena kalau petani hanya mengharap alat berat dari Dinas PU saja, terkadang kebutuhan alat ini saling berbenturan dengan pekerjaan di Dinas PU. Dengan adanya alat di Dinas Pertanian ini, saya mengharapkan agar pengerjaan sawah bisa lebih maksimal dan hasilnya juga bisa lebih meningkat,” lanjut Muhtarom.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Siak Budiman Safari membenarkan, jika saat ini Distan Siak sudah memiliki Satu unit alat berat yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat, yang kapanpun bisa digunakan oleh para petani saat membutuhkan.

“Kapanpun para petani membutuhkan alat berat, kita akan selalu siap untuk meminjamkannya, dengan catatan (syarat, red) kelompok tani mengajukan surat/permohonan ke dinas,” ujar Budiman Safari.

Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Afrijon

Sukai Fan Page Facebook - Infosiak.com  | Subscribe Channel YoutubeInfosiak | Follow InstagramInfo_Siak | Follow Twitter - Info_Siak
waterpark_siak'
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.